fadhil On Kamis, 19 Mei 2011


Rol Depan
Guling depan atau rol depan adalah berguling ke depan dengan perkenaan bagian belakang badan , seperti tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang . latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awalan berdiri.
a.   Cara melakukan guling ke depan
1)   Posisi awal sikap jongkok, kedua kaki rapat , lalu letakkan lutut di dada . kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm
2)   Bengkokkan kedua tangan ,lalu letakkan pundak pada matrass dengan menundukkan kepala hingga dagu menyentuh dada
3)   Lanjutkan melakukan gerakan berguling ke depan. Ketika panggul menyentuh matrass, peganglah tulang kering dengan kedua tangan . dorong tubuh ke depan dalam posisi jongkok dan kedua tangan di rentangkan ke depan.
b.   Bentuk- bentuk latihan guling ke depan
1)   Latihan 1
Cara melakukannya adalah sebagai berikut
a)   Posisi  awal duduk di lantai/matras dengan kedua kaki dan lutut rapat. Lutut dirapatkan sedekat mungkin ke dada.
b)  Pegang pergelangan kaki dengan kedua tangan atau kedua tangan memeluk kedua lutut.
c)    Condongkan badan kebelakang, kemudian jatuhkan. Pada saat itu kepala tunduk (dagu rapat ke dada ).
d)  Dengan cara bebas pesenam duduk kembali.
e)   Latihan ini di lakukan berulang- ulang hingga pesenam mengalami dan merasakan sikap membulatkan badannya.
2)   Latihan 2
Cara melakukannya adalah sebagai berikut
a)   Posisi awal berjongkok dengan kedua tangan dan kaki rapat. Kedua telapak tangan di tempatkan di lantai .
b)  Angkat panggul ke atas dengan bertumpu pada kedua tangan dilantai. Kedua tangan tidak di benarkan terlepas/terangkat dari lantai agar badan dapat condong.
c)    Kedua siku tangan di bengkokkan, dengan panggul tetap di angkat. Kemudian, masukkan kepala diantara kedua tangan dengan meletakkan kepala bagian belakang di lantai atau matras.
d)  Badan yang telah condong ke depan tersebut di jatuhkan ke depan. Pada saat mengguling, kedua tangan memeluk kedua lutut yang dirapatkan ke dada, dengan sikap kepala menunduk ( dagu dirapatkan ke dada )
e)   Kemudian melakukan sikap akhir memegang kedua lutut.
f)     Latihan diatas dilakukan berulang-ulang sehingga    dapat mengakhiri gerakan dalam posisi berjongkok.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

Category

Archive

Popular Posts

Categories

Followers

Catwidget1