Fadhil Ashari On Minggu, 20 Mei 2012

“ dalam tahap nasional demokratis ini,revolusi kita telah menjebol nekolim dan feodalisme untuk dapat menyelenggarakan tata kehidupan nasioal yang demokratis . sekarang kita melangkah ketahap selanjutnya … sosialisme indonesia . “
BEGITULAH optimisme soekarno dalam pidato berjudul berdikari , 11 april 1965 saat itu ia dalam puncak Semangat mengganyang neo-imperialisme , yang membuat garis politiknya lebih dekat ke peking dari washington . ia lahir di surabaya , 6 juni 1901 , dari pasangan raden soekemi  Sosrodihardjo – seorang guru sekolah rakyat dan ida ayu nyoman rai , seorang keturunan bangsawan bali . ia menempuh pendidikan dasar di tulungagung, europeesche lagere school mojokerto , dan hoogere burger school surabaya . soekarno meraih gelar insinyur teknik sipil dari sekolah teknik tinggi bandung pada 25 Mei 1926 (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB).beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.
Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Sejak muda soekarno sudah tertarik pada politik , sebuah dunia dimana ia bisa menyalurkan bakatnya berpidato. Debut politik pertama soekarno adalah ikut mendirikan algemence studie club di bandung pada 1926, sebuah klub diskusi yang berubah menjadi gerakan politik radikal. 3 bulan setelah lulus kuliah , dia menulis rangkaian artikel berjudul  nasionalisme islam, dan marxisme dalam sebuah terbitan milik perkumpulan indonesia moeda yang menarik perhatian kaum terpelajar kala itu. 
Ia menekankah pentingnya persatuan nasional , satu front bersama kaum nasionalis ,islamis ,dan marxis, dalam perlawanan tanpa kompromi(non-kooperatif) terhadap belanda . pada usia 26 tahun , tepatnya 4 juli 1927, soekarno mendirikan perserikatan nasional Indonesia , yang setahun kemudian berubah nama menjadi partai nasional Indonesia . tahun 1928 ia mengilhami sumpah pemudah . karena aktifitas politiknya, soekarno dan beberapa anggota PNI ditangkap belanda pada 1929 , kemudian diadili. Pengadilan justru menjadi podium bagi soekarno untuk menyuarakan pandangan politiknya. Ia membacakan pledoi yang monumental, indonesia menggugat, pada 1 desember 1930, yang membuat popularitasnya terus menanjak.



Terhadap belanda, ia mengambil langkah non-kooperatif, berbeda dengan nasionalis seperti Dr. soetomo. Namun pada zaman jepang, ia menempuh strategi kooperatif, berbeda dengan kaum nasinalis yang tidak mau bekerja sama, seperti sjahir. Tampak bahwa soekarno tergiur kampanye anti-imperialisme barat yang didengung-dengunkan jepang, sehingga ia mau bekerja sama.
Setelah jepang menyerah kepada sekutu, karir politik soekarno melejit. Ia memiliki reputasinya sebagai sosok yang peduli terhadap persatuan bangsa ( sikap ini konsisten di pegangnya,bahkan ketika ia harus menebusnya dengan lengser dari kekuasaan pada tahun 1967 ). Karena itu,para pemuda mendesaknya utuk memproklamasikan kemerdekaan, bersama mohammad hatta. Ia juga mengagas dasar negara yang kini dikenal sebagai pancasila .
Komitmen soekarno terhadap persatuan pesatuan bangsa mendapat tantangan berat pada tahun 1950-an . banyak pihak yang tidak puas dan melahirkan berbagai gerakan separatisme . situasi itu semakin sulit ketika ia sendiri mulai menampakkan perubahan karakter kepemimpinannya . mundurnya hatta sebagai wakil presiden, membuat pamornya agak meredup. Ia berusaha mengembalikan pamor itu dengan cara yang berbau kediktatoran. Demokrasi terpimpin dinilai merupakan eufemisme dari absolutisme kekuaasan, yang kemudian dipertegas dengan pengangkatannya sebagai presiden seumur hidup.
Persatuan bangsa yang sublim sebagaimana digagas dalam konsep nasakom, ternyata rapuh. Tapi soekarno sepertinya enggan mengakui relitas. Ia menciptakan beberapa bias dengan mengalihkan perhatian publik kepada isu-isu neo-kolonialisme dan neo-imperialisme. Popularitasnya memang sedikit meningkat setelah perebutan kembali irian barat, yang didukung sepenuhnya oleh tentara. Namun dalam kampanye berikutnya   ( ganjang malaysia ) , tentara tidak sepenuhnya mendukung. Kampanye ini akhirnya hanya merupakan slogan.
Pertengahan dekade 1960-an merupakan saat paling sulit baginya, terutama dalam menjaga keseimbangan politik antara 3 kekuaatan utama ; dirinya sendiri , angkatan darat , dan kaum komunis . hingga akhirnya meletuslah peristiwa  G 30 S  yang menyebabkan “rumah kartu nasakom”-nya runtuh.
Desakan untuk membubarkan  PKI  ditanggapinya secar setengah hati, sehingga popularitasnya meredup . tampaknya ia lebih prihatin terhadap prospek perang saudara dibandingkan menurunnya popularitas. Sikapnya ambigu dan ambivalen itu




membuat angkatan darat menjadi “gemas” . pihak AD akhirnya berhasi mendapat mandat melalui supersemar, untuk memulihkan keamanan dan ketertiban pada tauhn 1966. Jederal soeharto, rival politik soekarno yang paling berat pada saat itu, memanfaatkan supersemar untuk mengambil langkah politik membubarkan  PKI. Popularitas jenderal soeharto meningkat tajam, sementara presiden soekarno semakin terpuruk.
Tahun 1967 ia menyerahkan jabatan kepresidenan kepada rivalnya, soeharto. Sejak awa l968, soekarno berada dalam karantina politik dan tinggal di paviliun istana bogor . ia kemudian dipindahkan ke batutulis, bogor . setelah penderitaan selama 2 tahun, 21 juni 1970 soekarno menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD . jenasahnya dimakamkan di blitar, jawa timur di dekat makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah menganugerahkannya sebagai “Pahlawan Proklamasi”
Hal istemewa dari tokoh ialah dia sangat cerdas dan hal yang dapat saya teladani adalah kita harus berani melawan kejahatan dan menumpas segala bentuk- bentuk penjajahan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

Category

Archive

Popular Posts

Categories

Followers

Blog Archive

Catwidget1